DOA

Doa
Jarjani Usman - Tafakur
“Ya Allah, tolonglah hamba ini dalam menjalankan agama, penuntun segala urusanku. Baguskanlah urusan duniaku, tempat aku mencari kehidupan. Baguskanlah urusan akhiratku, tempat aku kembali... “ (HR. Muslim).

Meskipun telah diangkat sebagai nabi, Muhammad tak pernah sepi dari berdoa. Di atas adalah di antara doanya. Doa itu merupakan suatu petunjuk bahwa manusia adalah makhluk lemah dan mudah terpedaya dalam hidup ini, sehingga memerlukan perlindungan dan petunjuk dari Allah.

Bila Nabi Muhammad senantiasa berdoa, kita sebagai manusia biasa seharusnya juga tak pernah tidak berdoa. Lebih-lebih, baru sedikit memiliki sesuatu, kita sering terperangkap oleh perasaan sendiri, seperti menjadi sombong karena merasa lebih dari orang lain. Padahal tak ada manusia yang mampu menakar kemampuan orang lain, kecuali Allah. Karena itu, berdoa agar terhindar dari perasaan seperti ini sangatlah penting.

Apalagi doa bukan hanya sebatas meminta, tetapi juga bernilai ibadah. Sabda Nabi, “Doa itu adalah ibadah” (HR. Turmudzi). Dengan demikian, paling kurang ada dua keuntungan bagi setiap insan yang berdoa, yaitu terkabulnya doa sesuai harapan juga mendapat pahala dari Allah.

Komentar

Postingan Populer