BERCOCOK TANAM BAYAM


BERCOCOK TANAM BAYAM

A. Kebutuhan Benih

Untuk penanaman seluas 1 ha dibutuhkan benih 5 – 10 kg atau 0,2 – 0,4 kg untuk lahan seluas 1 rante.

B. Pengolahan Tanah

- Tanah yang akan ditanami harus ditempat yang tidak terlindung.
- Bersihkan permukaan tanah dari semak-semak, tunggul dan rumput-rumputan.
- Setelah bersih, baru dicangkul/diolah dengan kedalaman 20-30 cm. Diolah sampai gembur dan kemudian diberi pupuk kandang yang telah masak sebanyak ± 1 kg per M2 atau 20 kaleng minyak tanah per rante.
- Kemudian dibuat bedengan-bedengan dengan ukuran lebar 1 – 1,5 M, panjang 8 –10 M dan tinggi 15 – 20 cm. Arah bedengan membujur dari utara ke Salatan sehingga cahaya matahari merata keseluruh bedengan.

C. Penanaman

- Penanaman dilakukan dengan cara menabur benih diatas permukaan bedengan agar penaburan dapat merata keseluruh permukaan bedengan, sebelum penaburan benih dicampur dengan abu kapur halus atau pasir halus. Dapat juga dilakukan dengan menggunakan hancuran tanah yang kering, dengan perbandingan 1 bagian benih 10 bagian abu dapur.
- Sebaiknya benih ditaburkan menurut barisan diatas permukaan bedengan dengan jarak antara barisan ± 20 cm. Kemudian barisan tersebut ditutup dengan tanah halus dan disiram setiap hari.
Bila cuaca terlalu kering, maka bedengan dapat ditutup dengan jerami untuk menjaga agar bedengan tetap lembab.

D. Pemeliharaan
- Biasanya 5 hari setelah benih ditabur, sudah mulai berkecambah. Setelah 7 hari benih yang baik akan tumbuh subur, dan tutup jerami dipindahkan/dibuka.
- Lakukan penyiraman dengan menggunakan gembor dengan lubang yang halus, penyiraman sebaiknya dilakukan sore hari.
- Setelah tanaman mencapai tinggi ± 5 cm, dilakukan pemupukan dengan unsur N, caranya 2,5 gram Urca dilakukan dengan 1 liter air dan larutan tersebut dipakai sebagai air penyiraman.
- Bila gembor yang digunakan dapat memuat 10 liter air, maka pupuk Urea yang diberikan ± 2,5 gram.

E. Panen
- Bayam cabutan sudah dapat dipanen setelah 3 minggu. Dicabut yang besar-besar dulu. Panen berikutnya dilakukan setiap 3 – 5 hari sekali.

Komentar

Postingan Populer