DEMAM TYPOID


A. Pengertian Demam Typoid

Demam typoid adalah : Penyakit infeksi pada usus yang menimbulkan gejala-gejala sistomik yang disebabkan oleh Salmonella typosa. S Parathyphy a, b dan c. penurunan terjadi secara faal, oral melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

B. Patology dan Fatogenesis

Kuman S. thypy masuk ke tubuh manusia melalui mulut dengan makanan dan air yang tercampur sebagian lagi masuk ke usus halus dan mencapai jaringan limpoid plague penyari diilium terminalis yang mengalami hipertrapi intersinal dapat terjadi kuman salmonella typhy kemudian menembus kelamina propia masuk aliran limfe dan mencapai kelenjar-kelenjar limfe ini salmonolea thypy masuk aliran darah melalui ductus trows kuman-kuman S.Typhy lain mencapai hati melalui sirkulasi forta dari usus S. thypy bersarang di retikulo endoktaral.

Dengan typoid disebabkan karena S.tyhpy dan endotasmia merangsang disintesis dan pelepasan zat pigmen oleh leukosil pada jaringan yang meradang.

C. Etiologi

Etiologi demam typoid dan deman para typoid adalah S.Typhy. S Paratphy a, b, dan c.

D. Penatalaksanaan

Masa tunas demam typoid berlangsung 10 – 14 hari gejala timbul amat bervariasi dalam minggu pertama penyakit keluhan dan gejala sama dengan penyakit infeksi akut pada umumnya yaitu demam, nyeri, kepala pusing nyeri otot, anorexia, mual, muntah of sititasi atau diare, perasaan tidak enak diperut. Dalam minggu ke 2 gejala-gejala menjadi lebih jelas berupa demam, prodicardi, relatif lidah yang khas (kotor ditengah tepi ujung merah dan tremor).

Komentar

Postingan Populer