SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

"Ir. ZAKARIA, MM" Mengucapkan Selamat Datang di Weblog kami, dan semua ini berlandaskan untuk saling berbagi terutama para Insan Pencinta Ilmu Pengetahuan dan Khususnya Para Mahasiswa yang ada di Belahan Bumi Nusantara dan termasuk Negara Tetangga Ban Sigom Donya (Seluruh Dunia) yang budiman. Kritik dan Saran serta Komentarnya dari anda sangat Kami Harapkan dan Terima Kasih

Minggu, 10 April 2011

PROPOSAL USAHA PETERNAKAN BEBEK KELOMPOK TANI BEUNA RASEUKI


USAHA PETERNAKAN BEBEK KELOMPOK TANI BEUNA RASEUKI

Oleh : Ir. Zakaria Ibr., MM


BAB I PENDAHULUAN

Krisis ekonomi dan dibarengi dengan konflik yang berkepanjangan yang telah terjadi beberapa waktu yang lalu di Nanggroe Aceh Darussalam mempunyai dampak negatif terhadap kemampuan masyarakat dalam berusaha memberikan dukungan finansial kepada keluarganya. Salah satu indikator terjadinya dampak negatif dari krisis multidemensional tersebut adalah meningkatnya angka pengangguran.

Akibat terjadinya krisis ekonomi dan konflik sosial politik yang berkepanjangan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam tersebut, Pemerintah semakin bertambah beban subsidi pada semua sektor namun subsidi tersebut juga dimungkinkan untuk menanggulangi pengangguran di pedesaan dengan terjadinya krisis tersebut.

Sehubungan dengan hal ikhwal tersebut di atas Kelompok Tani Beuna Raseuki Gampong Relokasi Pusong Lhok Banie Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa, yang dengan dasar dibentuknya Kelompok Tani ini adalah keinginan untuk membantu Pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya dalam bidang ketrampilan dengan cara meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan manfaat Sumber Daya Alam (SDA). Dan disamping itu juga dapat membantu Pemerintah dalam rangka m,eningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendorong pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, kesehatan, produktivitas, kreatifitas dan kewirausahaan, dengan menciptakan lapangan kerja bagi anak-anak putus sekolah (pengangguran) yang memeiliki bakat bertani diberbagai kegiatan dibidang pertanian khususnya bidang Peternakan Bebek guna membuka lapangan kerja khususnya bagi masyarakat di Gampong Relokasi Pusong Lhok Banie di Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa.

Atas dasar inilah kiranya proposal ini dibuat untuk melihat kemungkinan melaksanakan pengembangan Pemeliharaan Bebek melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Dalam rangka meningkatkan ekonomi serta mengembangkan Usaha Produktif oleh Kelompok Tani Beuna Raseuki di Gampong Relokasi Pusong Lhok Banie Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa.

B. Tujuan dan Sasaran

Maksud dan tujuan Pelaksanaan Pemberdayaan Ekonomi masyarakat melalui usaha peternakan Pemeliharaan Bebek yang berbentuk agribisnis, diharapkan usaha ini akan membantu konstribusi kepada daerah dalam rangka menunjang pembangunan ekonomi nasional, yaitu antara lain :

Adapun sasaran yang akan dicapai dalam usaha Kelompok Tani Beuna Raseuki ini adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dalam pengembangan usaha ekonomi produktif yang diharapkan akan menimbulkan dampak positif untuk menanggulangi penganggurana dan memudahkan mencari pekerjaan serta tidak terpengaruh terhadap ajakan separatis.

BAB II

PROFIL PROYEK DAN EKONOMI

A. Lokasi

Areal calon Usaha Peternakan Bebek terletak di Kampung Relokasi Pusong Lhok Banie Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa dengan luas areal ± 1,5 Ha (Denah Terlampir). Jarak lokasi dari ibu kota Kabupaten adalah ± 1,5 Km dengan ketinggian ± 100 m dari atas permukaan laut.

B. Fisografi Daerah

Secara umum daerah calon peternakan Usaha Peternakan Bebek dikatakan adalah daerah dataran rendah yang mempunyai bentuk wilayah datar dengan kondisinya tidak pernah tergenang, karena bentuk wilayah sedemikian rupa walaupun curah hujan lebat.

C. Topografi

Dari hasil observasi lapangan menunjukkan bahwa daerah calon usaha peternakan bebek itu pada umumnya arealnya datar dan ada juga yang berupa kolam dan ditinjau dari sudut topografi dapat dinilai daerah ini sesuai untuk areal pemeliharaan bebek dengan sistim dikandangkan.

D. Drainase

Oleh karena letaknya calon usaha peternakan bebek ini pada daerah datar, maka permukaan drainase dapat diabaikan dengan cara membuat sistim yang tepat sesuai dengan tujuan usaha peternakan.

E. Iklim dan Hidrologi

Dari data-data curah hujan selama 10 tahun, curah hujan tahunan termasuk kedalam tipe B, dimana rata-rata bulan kering adalah 1,8 bulan dan bulan basah 8,2 bulan. Curah hujan demikian cukup baik untuk budidaya tanaman kangkung, keladi dan rumput lainnya secara intensif yang dapat menunjang perbaikan gizi makanan ternak.

Dari penilian di lapangan, persediaan air mencukupi untuk ternak pada musim kemarau, demikian juga dalam pengusahaan penanaman jenis kangkung, keladi atau rumput sebagai pakan tambahan ternak bebek

F Sarana Fisik

Pembangunan sarana fisik merupakan hal yang sangat penting sebagai tempat penjaga ternak, Ruang ADM dan kandang ternak. Pembangunan sarana fisik diperlukan antara lain :

G. Perkiraan Tehnis Operasional

Koefisien tehnis yang penting disini adalah produksi telur bebek dan pertambahan berat badan harian (PBBH) untuk bebek potong, umur awal, berat badan awal, masa penggemukan dan masa produksi telur serta kebutuhan telur di pasar.

Penggunaan Feed Supplement seperti Mineral Bebek dalam pemberian ransum sangat membawa dampak yang positif terhadap produksi telur dan pertambahan berat badan harian bebek. Adapun produksi telur bebek secara teknis setelah bebek berumur 6 bulan dengan produksi rata-rata 75 – 85 % Dengan demikian dalam usaha peternakan bebek ini, memilih bebek Peking, karena mempunyai kemampuan yang tinggi dalam hal beradaptasi dengan lingkungan, juga dari kemampuan produksi telur yang lebih tinggi.

I. Pakan Ternak bebek

Usaha peternakan ini dengan jumlah ternak seperti yang telah direncanakan, menghendaki pengusahaan yang bersifat intensif dalam pengelolaan Makanan Ternak. Direncanakan Pemberian Pakan adalah untuk Stater (masa anak-anak), Grower (Pertumbuhan) dan Layer (masa bertelur) adalah makanan atau pakan dari Pabrik yang tersedia di pasar.

J. Pemasaran

Masalah pemasaran ternak merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi di dalam usaha mendorong kegiatan usaha peternakan. Semakin tinggi tingkat efisiensi di dalam mata rantai pemasaran, mulai dari petani peternak sampai dengan konsumen akhir, akan memberikan banyak kegairahan kepada usaha para petani.

Apabila pemasaran ternak bertambah efisien dan prasarana dan sarana yang memadai, maka faktor harga dapat dipertahankan pada tingkat yang menguntungkan produsen.

Saluran distribusi ternak di Aceh yang masih berlaku sekarang dapat digambarkan sebagai berikut :

Berdasarkan gambaran saluran distribusi tersebut, memperlihatkan keadaan mata rantai pemasaran telur bebek dewasa ini. Pengusaha Ternak Bebek baik untuk Penggemukan maupun untuk petelor di Kampung Relokasi Pusong Lhok Banie Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa sebagai produsen ternak bebek petelur dan bebek potoOne and a friend and not on the eve of the U. F. ng pada masa yang akan datang dapat memperpendek saluran distribusi tersebut, sehingga efisiensi pemasaran dapat dipertinggi menjadi :

Atas dasar ini diperkirakan daerah Kota Langsa akan semakin mempunyai prospek untuk memasarkan telur bebek dan ternak bebek potong, baik untuk kebutuhan lokal maupun ke Propinsi Sumatera Utara. Kemudian dilihat dari segi kebutuhan terhadap protein hewani yang akan datang, sesuai dengan tingkat pertumbuhan penduduk dan pendapatan masyarakat, sehingga kegiatan usaha peternakan bebek petelur dan potong yang bersifat lebih intensif sangat diperlukan.

K. Organisasi Proyek

Pengurus Pengusaha Peternakan Kelompom Tani Beuna Raseuki Kampung Lhok banie Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa yang bergerak dibidang Usaha Pemeliharaan Bebek Petelur dan Bebek Potong terdiri atas :

1. Manajer/Tenaga Ahli Peternakan : 1 Orang

2. Tenaga Lapangan (Anak Kandang) : 20 Orang.

Diperkirakan manager usaha peternakan akan dipimpin oleh : SYAMSUL AZWAR Z., sedangkan tenaga ahli ternak akan dipimpin oleh Sarjana Peternakan yang membidangi bidang pakan, kesehatan ternak dan dibidang pemeliharaan.

BAB III

RENCANA KEBUTUHAN MODAL

Kebutuhan modal untuk dapat terlaksananya Pemeliharaan Ternak Bebek Petelur dan Bebek Potong untuk Pengembangan Kewira Usahaan Ekonomi Produktif dengan jumlah anggota 20 orang serta kebutuhan dana operasional kerja dapat dirincikan sebagai mana pada RAB (Rencana Aggaran Biaya Pemeliharaan bebek selama 6 Bulan (sampai bertelur) terlampir.

Adapun jumlah dana yang dibutuhkan untuk pemeliharaan ternak bebek sebanyak 2.000 ekor sampai bertelur sebesar Rp. 436.080.000.00 (Empat Ratus Tiga Puluh Enam Juta Delapan Puluh Ribu Rupiah)

BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Berdasarkan dari uraian dimuka, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :

B. Saran - Saran

Agar Pelaksanaan Kegiatan ini tercapainya sasaran maka dengan ini sangat diharapkan bantuan dari Bapak Wali Kota Langsa Cq. Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Kelautan Kota Langsa dan para Donatur atau para Dermawan lainnya untuk dapat memberikan dukungan baik moral maupun Dana yang dibutuhkan ebanyak Rp. 436.080.000.00 (Empat Ratus Tiga Puluh Enam Juta the Delapan Puluh Ribu Rupiah)

Lhok banie, 30 September 2010

KELOMPOK TANI BEUNA RASEUKI GAMPONG RELOKASI PUSONG LHOK BANIE LANGSA BARAT

KOTA LANGSA

SYAMSUL AZWAR Z.

Ketua

PROPOSAL

Usaha PeTERNAKAN BEBEK

KELOMPOK TANI BEUNA RASEUKI GAMPONG RELOKASI PUSONG LHOK BANIE LANGSA BARAT KOTA LANGSA

Oleh :

SYAMSUL AZWAR Z.

KELOMPOK TANI BEUNA RASEUKI

KAMPUNG RELOKASI PUSONG LHOK BANIE

KECAMATAN LANGSA BARAT

KOTA LANGSA

2010

KELOMPOK TANI BEUNA RASEUKI

RELOKASI TEULAGA TUJOH LHOK BANIE KECAMATAN LANGSA BARAT

Lhok Banie, 30 September 2010

Nomor

:

03 / KT-BR/X/2010

Kepada Yth.

Lampiran

:

1 (satu) berkas

Bapak Wali Kota Langsa

Perihal

:

Mohon Bantuan Mendapatkan Modal kerja.---------------------------

C/q. Kepala Dinas Kelautan,

Perikanan dan Pertanian

Di -

Langsa

Dengan hormat,

Sehubungan dengan rencana Usaha dibidang Peternakan Bebek Petelur dan Bebek Potong, maka dengan ini kami mohon kepada Bapak kiranya berkenan memberikan bantuan modal kerja/pinjaman lunak kepada kami.

Adapun pinjaman dimaksud sebesar 436.080.000.00 (Empat Ratus Tiga Puluh Enam Juta Delapan Puluh Ribu Rupiah), yang akan kami pergunakan sebagaimana proposal terlampir.

Sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi bapak, bersama ini kami lampirkan bahan sebagai berikut :

Demikian permohonan ini kami sampaikan atas perhatian dan bantuan Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Pemohon,

SYAMSUL AZWAR Z.

Ketua

Tembusan :

BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Berdasarkan dari uraian dimuka, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :

B. Saran - Saran

Agar Pelaksanaan Kegiatan ini tercapainya sasaran maka dengan ini sangat diharapkan bantuan dari Bapak Wali Kota Langsa Cq. Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Kelautan Kota Langsa dan para Donatur atau para Dermawan lainnya untuk dapat memberikan dukungan baik moral maupun Dana yang dibutuhkan ebanyak Rp. 436.080.000.00 (Empat Ratus Tiga Puluh Enam Juta the Delapan Puluh Ribu Rupiah)

Lhok banie, 30 September 2010

KELOMPOK TANI BEUNA RASEUKI GAMPONG RELOKASI PUSONG LHOK BANIE LANGSA BARAT

KOTA LANGSA

SYAMSUL AZWAR Z.

Ketua

T

Lhok Banie, 30 September 2010

Nomor

:

03 / KT-BR/X/2010

Kepada Yth.

Lampiran

:

1 (satu) berkas

Bapak Wali Kota Langsa

Perihal

:

Mohon Bantuan Mendapatkan Modal kerja.---------------------------

C/q. Kepala Dinas Kelautan,

Perikanan dan Pertanian

Di -

Langsa

Dengan hormat,

Sehubungan dengan rencana Usaha dibidang Peternakan Bebek Petelur dan Bebek Potong, maka dengan ini kami mohon kepada Bapak kiranya berkenan memberikan bantuan modal kerja/pinjaman lunak kepada kami.

Adapun pinjaman dimaksud sebesar 436.080.000.00 (Empat Ratus Tiga Puluh Enam Juta Delapan Puluh Ribu Rupiah), yang akan kami pergunakan sebagaimana proposal terlampir.

Sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi bapak, bersama ini kami lampirkan bahan sebagai berikut :

Demikian permohonan ini kami sampaikan atas perhatian dan bantuan Bapak, kami ucapkan terima kasih.


Pemohon,

SYAMSUL AZWAR Z.

Ketua

Tembusan :

4 komentar:

  1. kami siap mendunkung rencana ini dan mensupport pakan dan obat-obatan bebek...

    BalasHapus
  2. apakah proposal jenis ini bisa dicairkan oleh pemerintah setempat?

    BalasHapus
  3. Apabila Anda Membutuhkan DOD Bebek, kami siap mengirimkan ke seluruh Bandara Indonesia (Port to Port).

    Hubungi kami
    http://www.facebook.com/TokoMajuBersama

    BalasHapus
  4. Bagaimana realisasinya? apakah bisa dibantu oleh pemerintah setempat?

    BalasHapus