PENDIDIKAN IPA TERPADU

Dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai peserta didik
masih dalam lingkup bidang kajian energi dan perubahannya, materi dan sifatnya, dan
makhluk hidup dan proses kehidupan. Banyak ahli yang menyatakan pembelajaran IPA
yang disajikan secara disiplin keilmuan dianggap terlalu dini bagi anak usia 7-14 tahun,
karena anak pada usia ini masih dalam transisi dari tingkat berpikir operasional konkret
ke berpikir abstrak. Selain itu, peserta didik melihat dunia sekitarnya masih secara
holistik. Atas dasar itu, pembelajaran IPA hendaknya disajikan dalam bentuk yang utuh
dan tidak parsial. Di samping itu pembelajaran yang disajikan terpisah-pisah dalam
energi dan perubahannya, makhluk hidup dan proses kehidupan, materi dan sifatnya,
dan bumi-alam semesta memungkinkan adanya tumpang tindih dan pengulangan,
sehingga membutuhkan waktu dan energi yang lebih banyak, serta membosankan bagi
peserta didik. Bila konsep yang tumpang tindih dan pengulangan dapat dipadukan,
maka pembelajaran akan lebih efisien dan efektif.

Selanjutnya silahkan Klik Judul di atas ...

Komentar

Postingan Populer