VISI DAN MISI CURICULUM VITAE PEMILIK
  • Ir. ZAKARIA, MM
  • BIODATA KAMI
  • Biodata Pemilik Web
  • Dan Lain-lain
    A. BIDANG AGAMA ISLAM
  • 01. Tauladan dari Rasulullah
  • 02. Sebuah Nasehat untuk Ummad Rasulullah SAW
  • 03. Kata-kata Hikmah
  • 04. Ceramah Tgk.Wahed Vol 5
  • 05. Tgk. Wahed Vol 6
  • 06. 17 Kisah Hikmah
  • 07. Tata Cara Sholat Tahajjud
  • B. BIDANG PENGETAHUAN UMUM C. JOURNAL PENDIDIKAN D. JOURNAL PERTANIAN E. TEKNOLOGI DAN INFORMASI F. KOMPUTER G. ANDROID DAN HP H. Dan LAIN-LAIN
    A. KORAN/a>
  • 1. Harian Kompas
  • 2. Harian Republika
  • 3. Harian Waspada
  • 4. Harian Serambi Indonesia
  • 5. Harian Tempo
  • 6. Detikcom
  • B. MAJALAH
  • 1. Majalah Akar Media
  • 2. Tabloid Pulsa
  • 3. Majalah Tempo
  • 4. Majalah Hai-Online
  • 5. Majalah Orang Dewasa
  • 6. Majalah Sains
  • 7. Majalah Nova
  • 8. Majalah Gadis
  • 9. Majalah Ummi
  • 10. Majalah Sakinah
  • 11. Majalah Gadis
  • 12. Majalah Hidayah
  • 13. Majalah Isa Islam dan Kaum Wanita
  • ""
    A. LIGA INDONESIA
  • 1. ISL
  • B. LIGA SPANYOL
  • 1. Bola Eropa
  • C. LIGA INGGRIS D. LIGA EROPA E. LIGA JERMAN F. LIGA ASEAN G. LIGA ASIA H. PIALA DUNIA
    A. AYAT SUCI AL-QUR'AN
  • 1. Terjemahan Al-Quran
  • 2. Al-Qur'an 30 Juz
  • 3. AL-QUR'AN
  • 4. Surah Al-Baqarah
  • B. Ilmu Hadist
  • 01. Pengantar Ululumul Hadist
  • C. Thaharah (Bersuci)
  • 01. Pengertian, Macam, dan Cara Thaharah
  • D. Sholat
  • 01. Khusyu' Dalam Shalat
  • E. Shiyam (Puasa) F. Zakat G. Haji H. Nikah
  • 01. Nikah Siri
  • I. Buyu'(Jual Beli) J. Aiman Sumpah) K. Ath'imah Makanan L. Washoyaa (Wasiat) M. Fara’idh (Warisan) N. Jinayat (Pidana) O. Qodho’ (Peradilan) P. Jihad Q. Itq (Memerdekakan Budak)
    A. BAHAN KULIAH
  • 001. PELUANG DAN DISTRIBUSINYA
  • 002. STATISTIKA DAN PROBABILITAS
  • 003. DISTRIBUSI SAMPLING
  • 004. DISTRIBUSI PROBALITAS
  • 005. DISTRIBUSI POISSON
  • 005. DISTRIBUSI SAMPLING
  • B. PR MAHASISWA C. BUKUK-BUKU STATISTIKA
    A. BAHAN KULIAH
  • 001. Rancangan Percobaan
  • 002. Perancangan Percobaan
  • 003. Rancob Kuliah Perdana
  • 004. Rancob Pertemuan ke 1-2
  • 005. Rancob Ke 3 etc
  • 006. Rancangan Acak Lengkap
  • B. PR MAHASISWA C. BUKU-BUKU RANCOB
    A. BIOLOGI UMUM
  • 001. Makanan dan Kesehatan
  • 002. Kesehatan Gigi-Mulut
  • 002. Kesehatan Gigi-Mulut
  • B. PERKEMBANGAN HEWAN C. PR PERKEMBANGAN HEWAN D. FISIOLOGI HEWAN E. PR FISIOLOGI HEWAN
  • A. PETERNAKAN B. PERIKANAN C. PERKEBUNAN DAN KEHUTANAN D. PERTANIAN DAN HOLTKRA
  • 001. Hidroponik Sederhana
  • 002. Kesuburan dan Pemupukan
  • E. HASIL SAMPINGAN PERTANIAN
  • 001. Abon Ikan
  • 002. Susu Kedelai
  • 003. Dendeng Ikan
  • 004. Aneka Kue Tepung Pisang
  • 005. Kerupuk Singkong
  • Kamis, 02 Juli 2009

    Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

    ओलेह आईआर। ज़कारिया, मम


    Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola-pola interaksi siswa dalam memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan isi akademik. Tipe ini dikembangkan oleh Kagen dalam Ibrahim (2000 : 28) dengan melibatkan para siswa dalam menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut.

    Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT merujuk pada konsep Spencer Kagen dalam Ibrahim (2000 : 28) untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dengan mengecek pemahaman mereka mengenai isi pelajaran tersebut. Sebagai pengganti pertanyaan lansung kepada seluruh kelas, guru menggunakan empat langkah sebagai berikut : (a) Penomoran, (b) Pengajuan pertanyaan, (c) Berpikir bersama, (d) Pemberian jawaban.

    Langkah-langkah tersebut kemudian dikembangkan menjadi enam langkah sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan penelitian ini. Keenam langkah tersebut adalah sebagai berikut :

    Langkah 1. Persiapan

    Dalam tahap ini guru mempersiapkan rancangan pelajaran dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.

    Langkah 2. Pembentukan kelompok

    Dalam pembentukan kelompok disesuaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4 sampai 5 orang siswa. Guru memberi nomor kepada setiap siswa dalam kelompok dan nama kelompok yang berbeda. Kelompok yang dibentuk merupakan percampuran yang ditinjau dari latar belakang sosial, jenis kelamin dan kemampuan belajar. Selain itu, dalam pembentukan kelompok digunakan nilai tes (pre-test) sebagai dasar dalam menentukan masing-masing kelompok.

    Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, guru memperkenalkan keterampilan kooperatif dan menjelaskan tiga aturan dasar dalam pembelajaran kooperatif yaitu :

    1. Tetap berada dalam kelas

    2. Mengajukan pertanyaan kepada kelompok sebelum mengajukan pertanyaan kepada guru

    3. Memberikan umpan balik terhadap ide-ide serta menghindari saling mengkritik sesama siswa dalam kelompok

    Langkah 3. Diskusi masalah

    Dalam kerja kelompok, guru membagikan LKS kepada setiap siswa sebagai bahan yang akan dipelajari. Dalam kerja kelompok, setiap siswa berpikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan bahwa setiap orang mengetahui jawaban dari pertanyaan yang telah ada dalam LKS atau pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. Pertanyaan dapat bervariasi, dari spesifik sampai yang bersifat umum.

    Langkah 4. Memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban

    Dalam tahap ini, guru menyebut satu nomor dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban kepada siswa di kelas.

    Langkah 5. Memberi kesimpulan

    Guru memberikan kesimpulan atau jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan.

    Langkah 6. Memberikan penghargaan

    Pada tahap ini, guru memberikan penghargaan berupa kata-kata pujian pada siswa dan memberi nilai yang lebih tinggi kepada kelompok yang hasil belajarnya lebih baik.

    1 komentar:

    SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

    "Ir. ZAKARIA, MM" Mengucapkan Selamat Datang di Weblog kami, dan semua ini berlandaskan untuk saling berbagi terutama para Insan Pencinta Ilmu Pengetahuan dan Khususnya Para Mahasiswa yang ada di Belahan Bumi Nusantara dan termasuk Negara Tetangga Ban Sigom Donya (Seluruh Dunia) yang budiman. Kritik dan Saran serta Komentarnya dari anda sangat Kami Harapkan dan Terima Kasih