Cuka Apel Baik untuk Rambut, Wajah, dan Gigi

Cuka Apel Baik untuk Rambut, Wajah, dan Gigi

shutterstock
Cuka apel memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan, juga untuk kecantikan dari rambut hingga kaki.
Jumat, 20/11/2009 | 18:40 WIB

KOMPAS.com - Cuka apel terbuat dari sari buah apel yang difermentasikan. Kegunaan sangat banyak. Sifatnya yang asam bisa membantu menetralkan kulit wajah, juga membersihkan gigi yang ternoda. Berikut kegunaan cuka apel yang bisa Anda gunakan sebagai bahan kecantikan:

Rambut
Cuka apel bisa membantu menambah kilau dan kesehatan rambut. Gunakan botol shampo yang kosong, isi dengan ½ sendok makan cuka apel dan secangkir air dingin. Gunakan campuran ini sebagai bilasan terakhir beberapa kali seminggu.

Wajah
Cuka apel bisa membantu meregulasi keseimbangan pH pada kulit wajah Anda. Campurkan cuka apel dengan perbandingan 1:2, celupkan kapas, lalu aplikasikan pada wajah sebagai toner. Gunakan campuran ini di malam hari seusai membersihkan wajah, dan di pagi hari sebelum mengoleskan pelembap wajah. Anda juga bisa langsung mengoleskan cuka apel pada flek hitam di wajah, biarkan semalaman untuk memudarkan warna kehitamannya. Namun jangan digunakan secara langsung sebagai pemutih pada seluruh kulit wajah, karena sifat cuka apel yang asam bisa merusak lapisan kulit.

Tangan dan kaki
Setelah seharian kaki dan tangan Anda kelelahan, tak heran jika terjadi sedikit pembengkakan. Manjakan diri sendiri dengan pijatan spa pribadi dengan menggunakan sedikit cuka apel ke daerah yang pegal.

Gigi
Untuk menghilangkan noda pada gigi, gunakan cuka apel langsung pada gigi, lalu berkumurlah.

Setelah bercukur
Cuka apel juga bisa digunakan sebagai aftershave. Isi botol kosong berisi cuka apel dengan air dengan jumlah perbandingan yang sama, lalu kocok. Cuka apel pun siap digunakan sebagai cairan usai bercukur untuk meredakan kulit yang teriritasi ringan.

NAD

Sumber: Intent

Komentar

Postingan Populer