Mendekatkan Diri DenganNYA

“Wahai anakku, bila engkau mempunyai dua pilihan: takziah orang mati atau hadir ke pesta perkawinan, pilihlah untuk menziarahi orang mati, sebab ia akan mengingatkanmu kepada akhirat, sedangkan menghadiri pesta perkawinan hanya mengingatkan dirimu kepada kesenangan duniawi saja” (Lukman Al Hakim).

Acara yang sifatnya pesta dan hura-hura, meskipun letaknya jauh, biasanya akan banyak dikunjungi orang. Yang kurang sehat pun sanggup memapah tubuhnya, sehingga kelihatan bagaikan orang sehat dan hanyut dalam kemeriahan. Namun, tidak demikian untuk acara-acara yang sifatnya mendekatkan diri kepada Allah dan mengingatkan akan kematian.

Pada dua acara yang disebut terakhir, meskipun dekat letaknya, hanya sedikit orang yang tergugah. Jangankan yang sakit, yang sehat pun bisa beralasan kurang sehat atau alasan-alasan lain.

Padahal mendatangi acara-acara yang bersifat mendekatkan diri kepada Allah, bukan hanya berpahala dan membuat hidup bermakna. Yang lebih penting lagi, hati akan menjadi tenang, suatu hal yang paling diharapkan manusia, meskipun banyak orang mencarinya ke tempat yang salah.

Di samping itu, melayat orang yang meninggal, menurut Lukman Al Hakim, merupakan perbuatan yang berbuah banyak kebaikannya. Bukan hanya mendapatkan pahala dan meningkatkan kekerabatan dengan orang-orang yang masih hidup, tetapi juga mengingatkan diri terhadap apa yang sedang dialami orang lain.

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/news/view/55912/banyak

Komentar

Postingan Populer