Ambisi

“Tidaklah dua ekor serigala lapar yang dilepaskan dalam sekawanan kambing akan menyebabkan kerusakan yang lebih besar dibandingkan kerusakan terhadap agama seseorang akibat ambisinya terhadap harta dan kedudukan” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, An-Nasai, & Ibnu Hibban).

INI jelas suatu peringatan keras! Rasulullah s.a.w. mengingatkan bahwa terlalu berambisi terhadap harta dan kedudukan bisa menghancurkan agama (seorang muslim). Hal ini terbukti hingga hari ini, lebih-lebih menjelang pemilihan kepala daerah.

Walaupun masih sangat jauh dari raihan kedudukan atau masih pada tahap bakal calon, banyak orang yang rela mengorbankan ajaran agama yang diridhai Allah. Kebersamaan dan persatuan umat rontok karena kuatnya tuding-menuding, saling menfitnah, dan saling memburukkan satu sama lain siang dan malam. Padahal semua perbuatan tersebut bukan hanya bisa menghancurkan amalan kebaikan, tetapi juga menyulitkan umat yang terpecah untuk bersatu kembali. Rasa dendam satu sama lain dipelihara secara berkepanjangan.

Bahkan, karena ambisi terhadap harta dan kedudukan, orang-orang yang sudah tua pun bisa berubah laksana orang-orang muda. Makanya, tak sedikit juga orang tua yang karena perbuatan salahnya selama menjabat, harus menanggung malu dan meringkuk dalam penjara pada saat yang seharusnya digunakan untuk menikmati hari-hari tuanya bersama cucu dan meningkatkan ibadah kepada Allah. Itu adalah bagian dari azab di dunia, yang selanjutnya akan ditambah dengan azab yang sangat dahsyat di akhirat.

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/news/view/61094/ambisi

Komentar

Postingan Populer