Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan



Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

“Ingin lebih sehat? Ganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun.” Pasti Anda sudah sering mendengarnya, bukan? Selama ini minyak zaitun atau olive oil kerap dianggap sebagai minyak tersehat yang memiliki banyak sekali manfaat. Tidak heran jika harganya pun berbeda jauh dari minyak goreng biasa.

Anggapan itu tidak salah. Dari segi medis, minyak zaitun mungkin berkhasiat mengatasi dan mencegah penyakit-penyakit tertentu. Misalnya kanker, penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan bahkan obesitas.

Minyak Zaitun Lebih Sehat Dibanding Minyak Kelapa

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Sekitar 24 persen minyak zaitun terdiri dari lemak jenuh, omega 6, dan asam lemak omega 3. Namun asam lemak terbanyak di dalam minyak zaitun adalah asam oleat yang sangat sehat. Asam oleat diyakini dapat membantu mengurangi peradangan.

Olive oil memiliki lebih banyak lemak baik, dibanding dengan minyak kelapa murni. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung sekitar 11 gram lemak tak jenuh tunggal dan 1 gram lemak tak jenuh ganda. Sementara satu sendok makan minyak kelapa murni mengandung 0,1 gram lemak tak jenuh tunggal dan 0,25 gram lemak tak jenuh ganda. Bahkan, olive oil dikatakan memiliki 5 sampai 10 kali jumlah lemak baik yang diperlukan oleh tubuh.

UNTUK LEBH LENGKAP SILAHKAN KLIK JUDUL DIATAS ............................................................ ...........................

Komentar

Postingan Populer